Buku Lama : Belajar Menghargai dan Bersyukur lewat Journal of Gratitude

Judul : Journal of Gratitude

Penulis : Sarah Amijo

Designer dan Illustrator : Big Bear and Bird

Penerbit : Gramedia (Jakarta)

Cover : Hard Cover
Buku : 192 hlm, 12cm x 16.5cm,
ISBN : 978-602-424-674-7

Journal of Gratitude, salah satu buku Favorit saya setelah Galaksi Kinanthi/Kinanthi Terlahir Kembali karya Tasaro GK dan Dalam Dekapan Ukhuwah karya Salim A. Fillah .. Kenapa? Karena buku ini mengabarkan tentang makna-makna kehidupan agar kita selalu bersyukur dan agar tak lupa mensyukuri setiap keadaan kita.

Buku ini menceritakan tentang beberapa bagian dari hidup kita yang patut kita syukuri lewat beberapa pemikiran dan kata mutiara disertai dengan illustrasi hewan-hewan yang menarik. Sebagian besar illustrasi ini digambarkan dengan karakter Beruang besar dan Burung. Diceritakan bahwa Beruang besar ini adalah sosok yang introvert, kemudian dia adalah seorang illustrator/seniman yang lebih banyak wajtunya dia habiskan untuk menuangkan ide lewat sebuah karya visual. Sedangkan si Burung adalah sosok ekstrovert yang selalu bisa merangkum ide/illustrasi karya si Beruang besar lewat kata-kata yang sarat akan makna.

Buku ini terdiri dari beberapa BAB, yang setiap BAB nya memiliki pembahasan yang menarik tak keluar dari tema perBAB nya. Bagi saya, BAB yang paling menarik adalah BAB pertama berjudul Oneself. Bab ini menerangkan tentang diri kita, bahwa sejatinya kita ini menarik. Setiap apapun yang kita lakukan itu menarik. Kita tertawa pun dia memiliki makna. Kalimat pembukanya adalah Being Born : Everyone is created for a specific purpose.

Selanjutnya, kita akan dibawa berkelana menikmati setiap illustrasi disertai dengan buah pikir dari setiap illustrasinya. Setiap illustrasi bertema Rustic yang bagi saya sangat hangat jika dirasakan. Buku ini sarat akan makna, sehingga buku ini cocok menemani kita dalam sebuah perjalanan. Karena menurut saya buku ini cocok dinikmati dengan keadaan-keadaan tertentu diselingi dengan kontemplasi secara mendalam sebuah perjalanan hidup ini.

Bagi saya, buku ini adalah buku pegangan dimanapun kuta berada. Jika kita berada pada situasi tertentu maka kita bisa melihat lagi beberapa tulisan yang bersangkutan untuk mengerti makna mendalam dari sebuah tulisan tersebut. Contoh, suatu ketika kita akan mendatangi sebuah perkebunan milik seorang teman. Maka pada bagian ini kita bisa buka Bab ke 3 tentang People, saah satu uraiannya mengatakan Hardworking Farmers : Who Cultivate the ground and take care of our food supply just so the world can eat.

Lihatlah, betapa tulus kata-kata Sarah Amijo ini menggambarkan sosok Petani yang Gigih. Mungkin Sarah Amijo ini adalah sosok yang berhati murni dan tulus sehingga kata-kata yang keluar selalu bermakna dan tidak mengambang. Mungkin juga disertai dengan beberapa pemikiran atas pengalaman pribadinya selama ini. Karena itu buku ini hadir, dalam pikirannya banyak berkembang makna dan imajinasi yang tak semua orang tau.

Berangkat dari sini kita akan tau jika tak semua seniman itu memiliki kepribadian penyendiri tanpa melakukan apapun. Lewat illustrasi dan kata-kata yang keluar dari pikirannya kita semua bisa melihat bahwa seniman ilustrasi juga bisa menyuarakan kejelian buah pikirnya tanpa harus muluk-muluk menceritakan kepada dunia tentang dunianya yang sederhana.

Dua karakter utama dalam buku ini berhasil mengubah image Sarah Amijo yang bagi sebagian orang seorang seniman tak ubahnya sosok yang penyendiri. Lewat dua karakter yang berbeda itulah muncul karya ini, karya yang sangat romantis dan statis.

Mungkin sebagian orang akan merasa kurang puas dengan bahasa buku ini yang masih mengangkat bahasa Inggris. Namun, bagi saya inilah keunikannya. Mungkin lewat bahasa Inggris ini adalah bahasa terdekat dengan kosa kata yang ada pada pikiran penulis. Karena sebuah terjemahan dari bahasa lagi terkadang memiliki porsi yang kurang pas dalam penyampaian maknanya. Namun, buku ini cocok dibaca semua kalangan. Terutama remaja dan penikmat ilustrasi.

Bagaimana? Apakah kawan-kawan masih penasaran dengan buku ini? Silahkan cari buku ini di Gramedia terdekat. Karena bagi say ini adalah buku terimut dan tersweet yang pernah saya beli.

Penilainnya? Sangat-sangat-sangat mengesankan.

Berikutnya silakan kunjungi Offical Account Instagram Sarah Amijo ( Sarah Bear ) dan Big Bear and Bird ..

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *