Bikin Blog TLD dan Selfhost

Assalamualaikum Wa Rahmatullah wa Barakatuh

Alhamdulillah akhirnya bisa share lagi tulisan yang masih amburadul, maklum masih belajar tipis-tipis. Untuk kali ini mau sharing suka dukanya bikin blog TLD. Btw, apa itu TLD?

Singkatan dari Top Level Domain. TLD sendiri merupakan rujukan kepada huruf-huruf terakhir setelah tanda titik dalam sebuah nama domain. Selama ini yang kita pahami adalah .com, .org, atau .net sebagai domain umum. Nama domain sendiri pun variatif, tergantung penempatannya. Ada 3 kategori TLD ccTLD (Country Code Top Level Domain), biasanya digunakan untuk sebuah wilayah dependensi atau sebuah negara, contohnya .id (Indonesia), .au (Australia), .kr (Korea), .jp (Jepang).

 

ccTLD (Country Code Top Level Domain), biasanya digunakan untuk sebuah wilayah dependensi atau sebuah negara, contohnya .id (Indonesia), .au (Australia), .kr (Korea), .jp (Jepang).

gTLD (Global Top Level Domain) adalah domain global yang sering kita jumpai seperti .com, .gov, .org.

Nah.. kebetulan TLD yang saya pakai adalah .com . Kenapa memilih .com ?? hemat saya TLD ini gampang diingat dan sudah familiar dengan dunia per-domain-an dan dunia blogging. Hehehe

Sebetulnya saya ingin banyak sharing tentang TLD ini, mulai dari cara pasangnya, keputusan langsung biki TLD, cerita motivasi lainnya yang kadang saya sendiri juga bingung tau-tau sudah jadi dan saya nikmati sendiri aktifitas ngeblog ini. ehehehe

Baiklah, pertama dulu saya penasaran bagaimana cara membuat blog langsung .com (TLD). Akhirnya saya kepo dan banyak-banyak baca artikel beberapa blog dan berujung pada keputusan tanya ke blogger. Kebetulan waktu itu saya kebantu dengan blogger asal Palopo, Nyak Rotun. Saya save emailnya dan mulai tanya gimana cara membangun blog. Karena yang jadi pertimbangan saya waktu itu adalah, beliau ini pakai instalasi wordpress untuk blognya. Yuhuuu.. seneng dong ya akhirnya bakal tau caranya meskipun gatau kapan bisa pasang .com langsung.

Setelah diskusi panjang lebar via email, karena waktu itu saya gapunya Smartphone jadinya lacar di email. Dikabarilah saya bagaimana cara membangun domain, pertama lewat Selfhosting. Apa itu? Jadi Hosting dan Domain dia beli sendiri secara independen pada jasa Hosting. Untuk hari ini jasa hosting sudah lumayan banyak yaa seperti Domainesia, Hostinger, Rumahweb, Dewaweb dll. Kalo saya belinya di idCloudhost.com klo gak salah paket Hosting Basic Pro. Setelah perjalanan survey dan nyoba-nyoba aja beberapa kali dibeberapa tempat ternyata cocoknya dengan IDCloudHost.com.

Pernah juga beli di Dewaweb untuk blog sekolahan tempat saya nyangkut 3 bulan disana setelah lulus kuliah, fasilitas oke pelayanan juga oke. Mantablah! Jagoan Hosting juga pernah tapi cuman satu bulan aja, alasannya beli satu bulan ya cuman pengen nyoba aja rasanya plugin di blog premium. Hahaha tapi gak saya terusin karena kepincut sama IDCloudHost.com

Bagaimana akhirnya? Seperti biasa saya beli Hosting dan Domain (artikel tentang Hosting dan Domain bisa dibaca pada link yang sudah saya lampirkan) dulu prosesnya seperti biasa beli via web (Yaelaaah.. masa iya beli via shopee? eh tapi dishopee juga ada, dia jasa bikin web jadi langsung pake tanpa ribet.. Skip aja!) Setelah pembayaran dan lainnya akhirnya saya dapat email masuk dan dialihkan ke CPanel.

Setelah saya baca keterangan akun Cpanel (informasi User dan Paswordnya) akhirnya saya klik link CPanel saya yang masih belum saya aktifkan Domainnya. Berikut login Cpanel dan isi Cpanelnya.

Setelah masuk Dasbor Cpanel maka cari Golongan Script pada Kolom Softaculous App Instaler. Lalu klik App Intaller yang teman-teman inginkan.. Berikut adalah App Installer untuk WordPress maka instal bagian wordpress. Dan ikuti langkah-langkahnya, dan bagi saya ini adalah step tergampang.

Setelah itu kunjungi dasbord blog kita sendiri. Misalkan blog saya adalah http://dliyaunnajihah.com dan saya memakai instaler App WordPress maka dasbor saya enjadi http://dliyaunnajihah.com/wp-admin/

Setelah itu selamat melanjutkan aktifitas blogging sesuai kebutuhan kita.

Alasan ini juga mewakili kenapa saya selama ini memakain WordPress dibanding dengan platform blog lainnya.

Instant. Bagi saya hanya wordpress yang memiliki pengaturan termudah dibanding Blogger. Bahkan untuk pemula pun yang buta kode HTML/CSS seperti saya bisa menjalankannya. Mulai dari template blog yang instan dan chatsy, hingga widget dan tampilan yang statis namun bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. kekurangannya memang kita tidak bisa mengubah style template bawaan sesuai dengan desain yang kita inginkan. Namun, jika memiliki budget lebih bisa membelinya dengan versi pro dan dengan lisensi sendiri nantinya.

Terbiasa. Saya jatuh cinta dengan wordpress sejak Maba. Dikampus saya dulu UMM setiap maba diwajibkan melek internet, salah satu wadahnya adalah pihak kampus menyediakan pelatihan berbasis Teknologi dan Informasi. Disini salah satu materinya adalah membuat blog. Dari sini saya coba-coba membuat blog mulai dari Blogspot, Tumblr dan WordPress. Namun yang paling setia adalah WordPress.

Seru. Bagi saya wordpress it seru, meskipun saya juga kurang paham bagaimana letak seru yang lebih spesifik. Karena dengan pasang WordPress ini email saya tidak seberisik memakai platform lain. Hehehe

Berbicara motivasi sebetulnya pasti banyak yang saya inginkan. Diantaranya adalah ingin meneruskan hobi menulis saya. Selain itu dengan memasang langsung TLD bisa dipastikan langsung terdeteksi google meskipun tidak bisa mengalahkan blogger SEO. Memilih untuk memasang wordpress adalah suatu keputusan terbesar bagi saya. Banyak ketakutan yang sangat saya khawatirkan, takut sewaktu-waktu belum bisa konsisten menulis. Atau takut jika suatu saat dengan adanya blog ini jejak digital yang tidak saya kehendaki menjadi boomerang dikemudian hari. Tapi apapun itu insyaAllah akan baik-baik saja. Aamiin

Selain itu, inilah waktunya untuk memulai sesuatu yang lebih berani. Diusia ini semoga kedepannya semua yang saya tuangkan bisa menjadi inspirasi, motifasi dan pengingat saya pribadi dikemudian hari. Aamiin

Selanjutnya, semoga postingan ini bermanfaat dan memiliki nilai lebih bagi teman-teman yang membutuhkan bantuan berupa tata cara membuat blog wordpress, membuat domain TLD dan cara memesan Hosting dan Domain langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *